Energi Baru Terbarukan untuk Indonesia !!!

Energi Baru Terbarukan untuk Indonesia – Energi baru dan terbarukan adalah energi yang didapatkan dari kejadian alami pada alam untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup bagi masyarakat.

Kementerian ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM No. 12 Tahun 2017 tentang Pemanfaatan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik
Sumber Energi Terbarukan

Proses untuk memanfaatkan kejadian kejadian alam untuk dijadikan energi adalah apa yang disebut sebagai pembangkitan energi bersih dan berkelanjutan.

Bagi kita yang beruntung tinggal di daerah perkotaan terutama di Pulau Jawa, listrik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari. Lalu sampailah kita ke daerah 3T ( terdepan, terpencil, dan tertinggal ), dimana PLN hanyalah nama dan listrik yang masih menjadi angan-angan bagi masyarakat yang ada disana. Daerah tersebut sudah teraliri listrik dari PLN ( Perusahaan Listrik Nasional ), tetapi skema pengadaannya hanyalah 12 jam, mulai dari jam 6 sore sampe jam 6 paginya.

Memanfaatkan energi baru dan terbarukan, dapat memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari tanpa mengurangi kemampuan generasi selanjutnya untuk bisa memenuhi kebutuhan energi mereka nantinya.

Teknologi energi baru dan terbarukan terus dikembangkan hal ini disebabkan karena teknologi energi baru dan terbarukan mendapatkan perhatian khusus terutama oleh negara negara yang belum sepenuhnya tereletrifikasi seperti India dan Nepal.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Indonesia pun adalah salah satu dari negara yang memberikan perhatian khusus dalam pengembangan teknologi energi baru dan terbarukan.

Perlu dicatat bahwa sampai saat ini, kurang lebih 11.7% penduduk Indonesia belum bisa merasakan manfaat listrik dalam hidup mereka. Pada umumnya, penyebab utama tidak sampainya pembangunan infrastruktur jaringan listrik kepada mereka adalah karena faktor-faktor geografis.

Sebagai solusi, digunakan pembangkit listrik energi terbarukan yang dapat di desain untuk memanfaatkan potensi energi lokal. Potensi tersebut baik dari aliran air di sungai atau cahaya matahari  akan diubah menjadi energi listrik untuk menerangi mulai dari hanya satu rumah sampai satu kota tanpa tergantung pada jaringan utama PLN.

Sampai saat ini, pemanfaatan energi baru dan terbarukan untuk solusi elektrifikasi di Indonesia sudah banyak dilakukan. Salah satunya adalah yang telah dilakukan oleh kementrian ESDM ( Energi dan Sumber Daya Mineral ).

Selain untuk melakukan elektrifikasi daerah yang belum mendapatkan akses listrik, teknologi ini juga digunakan untuk meningkatkan efektifas penggunaan listrik pada beberapa daerah di Indonesia.

sehingga bagi masyarakat yang belum bisa mendapatkan aliran listrik dari jaringan utama PLN, kini melalui energi baru terbarukan masyarakat bisa mendapatkan aliran listrik bagi kehidupan sehari-hari.

sumber :

www.kaskus.co.id

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Disqus Comments ...