Keren!!! Tinggalkan Energi Solar, Kereta di India Manfaatkan Panel Surya.

Tinggalkan Energi Solar, Kereta di India Manfaatkan Panel Surya – Penggunaan energi solar pada jaringan transportasi India memang sangat massif. Bahkan hal tersebut menjadi salah satu penyumbang masalah lingkungan di negara ini.

Kereta di India kini mulai meninggalkan solar dan beralih ke panel surya, sebagai energi alternatif
Kereta di India kini mulai meninggalkan solar dan beralih ke panel surya, sebagai energi alternatif

Akan tetapi, kini masalah krusial ini akan segera teratasi. Pasalnya, eksperimen menggunakan energi surya baru saja sukses dilaksanakan.

Pada 14 Juli lalu, India Railways menjalankan kereta pertamanya dengan beratapkan panel surya di atasnya yang bisa menghasilkan daya untuk  cahaya, kipas angin, dan sistem informasi di gerbong penumpang. Meski secara umum, gerak gerbang masih ditenagai oleh solar. Dengan adanya program ini, India diperkirakan akan dapat menghemat sekitar 21 ribu liter solar per tahunnya.

Dilansir dari The Independent, kereta bernama Diesel Electrical Multiple Unit (DEMU) ini memiliki kapasitas 1.600 tenaga kuda. DEMU dilengkapi dengan 16 panel surya dan baterai cadangan di setiap gerbongnya, kereta akan menggantikan tenaga solar yang biasanya menggerakkan kereta tersebut.

Diketahui bahwa pada 2014 saja, Indian Railways menghabiskan 2,6 milyar liter solar, mencakup 70 persen total biaya bahan bakar. Pada permulaan, kereta akan dipasangi layanan energi ini pada jaringan transportasi dari pinggiran kota menuju ke New Delhi, yang merupakan salah satu kota dengan polusi tertinggi di dunia.

Sistem atap yang berenergi sinar matahari dikembangkan oleh Jakson Engineers, di bawah pengawasan Indian Railways Organisation for Alternate Fuels (IROAF). “Hal ini bukan pengerjaan mudah untuk menyesuaikan panel surya di atas atap dari gerbong kereta yang berjalan sepanjang 80 km per jam,” ungkap Sundeep Guta, direktur Jakson Engineer kepada Business Standard.

India Railways punya rencana ambisius untuk energi surya. Pada tahun 2020, jaringan transportasi yang dijalankan oleh pemerintah berencana menghasilkan 1.000 megawatt (MW) energi matahari, yang bisa ditingkatkan hingga 5.000 MW pada tahun 2025.

Pengerjaan proyek ini tak hanya signifikan bagi perkembangan kereta api, tetapi juga akan berdampak baik pada tujuan India dalam menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Disqus Comments ...