Solusi Listrik Tenaga Surya Untuk Indonesia

Listrik tenaga surya telah menjadi solusi untuk desa-desa terpencil di negara dunia ketiga. Bagi daerah yang belum terjangkau jaringan listrik darat, pemasangan listrik tenaga surya telah membawa perubahan.

Masalah kekurangan listrik di daerah terpencil sebenarnya bisa diatasi dengan menyediakan generator pembangkit listrik. Tapi, mesin itu mahal dan perawatannya tidaklah mudah. Masalah lain adalah bensin atau solar yang dibutuhkan untuk menjalankan generator. Bahan bakar, yang sangat berpolusi ini, tidaklah mudah didapat.

Dalam situasi seperti itu. Sebuah sistem sederhana yang terdiri dari beberapa panel surya dan aki bisa membuat perbedaan.

Sistem kerja panel itu pun sangatlah sederhana. Pada setiap atap rumah penduduk ditaruh panel surya berukuran kecil. Kemudian listrik akan disimpan di baterai untuk dapat digunakan 24 jam.

Sedikit listrik ini berhasil membuat perubahan besar. Radio dan televisi bisa masuk desa. Sekolah juga bisa buka malam hari. Desa-desa dengan panel surya mengalami perkembangan ekonomi.

listrik tenaga surya

Namun demikian, produksi panel surya sangat pelik. Proses pembuatan panel terdiri dari berpuluh-puluh tahap. Semuanya harus dilakukan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Semua ini untuk menghasilkan satu panel surya yang mampu menyerap sebanyak mungkin sinar matahari.

Peliknya proses produksi mengakibatkan mahalnya panel surya. Ini menjadi masalah dalam upaya memperkenalkan teknologi pembangkit listrik ini dalam skala besar. Tapi, meningkatnya permintaan pasar atas tenaga surya akan merubah keadaan ini.

Pasar panel surya tumbuh 40 persen tiap tahunnya. Diperkirakan dalam sepuluh tahun ke depan biaya produksi listrik tenaga surya akan turun di bawah 13.000 rupiah per watt listrik. Di negara dunia ketiga, yang mendapatkan lebih banyak sinar matahari, penurunan harga akan terjadi lebih cepat lagi.

Solusi Listrik Tenaga Surya di Indonesia

Sekarang, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah guna mendorong pemanfaatan listrik tenaga surya ini secara luas adalah melalui program bantuan pemerintah, baik pusat ataupun daerah.

Pemerintah telah memasang banyak sistem terpusat (off grid: tanpa terhubung PLN) dan SHS (Solar home system: mandiri per rumah) di lokasi-lokasi remote yang tidak terjangkau oleh listrik PLN.

Loading Facebook Comments ...

One Reply to “Solusi Listrik Tenaga Surya Untuk Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Disqus Comments ...