Mau Pasang Panel Surya di Atap Rumah? Bagaimana cara mencari penjual terbaik?

Seiring dengan perkembangan teknologi, harga modul surya semakin murah.

Sudahkan Permen ESDM No.12 Tahun 2017 Berpihak Pada Pengembangan EBT ?

Harga panel surya di Indonesia saat ini sudah berada di kisaran US$ 1/Watt peak (Wp)- US$ 1,5/Watt peak (Wp) atau US$ 1.000/kilowatt peak (kWp) sampai dengan US$ 1.500/kilowatt peak (kWp).

Jika dikonversi dalam rupiah, harga panel surya dengan kapasitas 1 kWp sekitar Rp 13,5 juta. Panel surya tersebut nantinya dapat di koneksikan dengan Inverter Pure Sine Wive Grid Tie. Inverter ini nantinya yang akan mengeluarkan output loistrik yang dihasilkan oleh tenaga surya.    biaya instalasi di atap rumah, biayanya sekitar Rp 15-20 juta/kWp. Sementara, untuk kebutuhan listrik rumah tangga, kira-kira perlu 1-2 kWp.

“Pemasangan solar panel di atap biayanya kurang lebih Rp 15-17 juta/kWp. Biaya dipengaruhi oleh lokasi rumah, tingkat kesulitan pemasangan di atap”

Biaya sebesar Rp 15-20 juta/kWp itu sudah termasuk biaya survei, instalasi, dan izin masuk ke jaringan listrik PLN. Di luar itu, ada biaya pemasangan kWh meter untuk ekspor-impor listrik dengan PLN. “Pemasangannya kira-kira memakan waktu 1 minggu,” hal ini tergantung dari kesiapan PLN di daerah yang akan dipasang.

Masyarakat yang berminat memasang panel surya di atap bisa mencari kontak distributor modul surya di www.gdmenergy.com atau www.globalenergy.co.id . Di web tersebut kita bisa langsung menanyakan atau menghubungi marketing mengenai informasi pemasangan solar panel di atap rumah.

Untuk sementara, distributor modul surya yang ada baru melayani pemasangan di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). “Tapi kalau ada permintaan diluar jabodetabek bukanlah lah yang tidak memungkinkan tinggal saja dihitung biaya pengiriman barang dan istalaturnya.

Angka tersebut sudah jauh turun, biaya pemasangan panel surya pada tahun 2011 masih sekitar Rp US$ 3/Wp atau Rp 3.000/kWp alias sekitar Rp 40 juta-an.

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading Disqus Comments ...